Prodi PPI UIN RIL Adakan Workshop Kurikulum OBE


Bandar Lampung (19-22 Oktober 2023). Foto bersama narasumber (tengah) dan peserta workshop.

Bandar Lampung (Hotel Bukit Randu) – Program Studi (Prodi) Pemikiran Politik Islam (PPI) Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) UIN Raden Intan Lampung terselenggaranya Workshop Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE).

Selama dua hari tersebut, Prodi PPI menghadirkan narasumber utama yakni, Dr. Abdul Ghaffar, MA. seorang dosen dari Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang memiliki keahlian dalam menerapkan pendekatan OBE dalam pengembangan kurikulum, memberikan wawasan mendalam tentang prinsip-prinsip OBE dan bagaimana pendekatan ini dapat mengarahkan pembelajaran pada pencapaian hasil yang diinginkan khususnya menurunkan operasional politik islam.

Workshop pada hari pertama difokuskan pada penyampaian materi terkait OBE. Peserta workshop yang terdiri dari seluruh dosen prodi PPI memperoleh pemahaman tentang pentingnya menetapkan tujuan pembelajaran yang jelas dan mengaitkannya dengan hasil yang dapat diukur untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Sedangkan di hari kedua, fokus pembahasan beralih ke praktik pembuatan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis OBE.  Para peserta workshop secara aktif terlibat dalam kegiatan praktis. Mereka diberikan panduan dan bimbingan oleh narasumber untuk merancang RPS dengan pendekatan OBE yang sesuai dengan karakteristik mata kuliah dan kebutuhan mahasiswa. Proses ini memungkinkan para dosen untuk lebih memahami bagaimana menyusun RPS yang efektif, relevan, dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Ketua Prodi PPI, Abd. Qohar, M.Si, menyatakan partisipasi aktif seluruh peserta workshop baik dosen prodi maupun pimpinan yang hadir. Beliau meyakini bahwasanya implementasi OBE dalam penyusunan RPS akan membawa dampak positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan mahasiswa prodi dan pengembangan mata kuliah berdasar kualifikasi profil lulusan yang telah dirumuskan oleh Prodi Pemikiran Politik Islam.

“Integrasi dalam visi misi prodi dan terlihat dari profil lulusan yang akan di tuju akan tergambar dalam penyajian mata kuliah dalam kurikulum sangat penting,” katanya.

Selain itu, upaya ini juga sejalan dengan persiapan prodi untuk mengajukan akreditasi internasional. Penerapan OBE dianggap sebagai salah satu faktor mendasar dalam mencapai standar internasional yang diakui.