Prodi Pemikiran Politik Islam Gelar; SEMINAR NASIONAL & VISITING LECTURE


Rabu, 16 Agustus 2023, Program Studi Pemikiran Politik Islam FUSA UIN Raden Intan Lampung, mengadakan visiting lecturer dengan tema  “Collections of Islamic / Malay Manuscripts in St. Petersburg ” dengan menghadirkan narasumber Prof. Dr.Irina Katkova yang aktif sebagai dosen senior di Fakultas Studi Oriental, Universitas Negeri St. Petersburg Rusia.

Dari tahun 2001 hingga 2014, Irina Katkova adalah peneliti di Institut Manuskrip Oriental Akademi Ilmu Pengetahuan Rusia di St Petersburg. Sejak 2014, ia bekerja untuk proyek Ensiklopedia Islam dan Ensiklopedia Mistisisme Brill, 2016 menjadi peneliti senior di Institut Internasional Studi Asia di Leiden. Irina Katkova juga pernah menjadi peneliti tamu di berbagai institusi lain, termasuk Institut Studi Asia Nordik di Kopenhagen, Institut Studi Lanjutan Belanda, ISAM di Istanbul, Archief Nasional Den Haag, dan Institut Internasional Studi Asia di Leiden. 

Dalam penuturannya, ” Prof. Irina Katkova memberikan beberapa pengalamankepada mahasiswa prodi PPI” :

sudah sejak tahun 2000 saya menjadi dosen Bahasa Indonesia, Sejarah Indonesia dan Sastra Sufi di St Petersburg State University Rusia, bagi saya naskah sejarah Islam di Indonesia memegang kunci untuk memahami persimpangan antara berbagai budaya, agama, dan masyarakat selama berabad-abad, seperti dari Sumatera ada tokoh ulama atau sufi asal Palembang, Äbd al-Samad al-Palimbani (ca. 1704 – 1789 M) atau di Jawa terdapat naskah Jawi Kuno yang menggambarkan melalui jalur haji dari mekkah masyarakat Jawi mengalami perkembangan penyebaran Islam disamping juga adanya Walisongo, juga beragam aliran tarekat tasawwuf seperti tarekat Naqsabandiyah, Syaziliyah, Syatiriah dan sebagainya yang berkembang di Indonesia menjadi objek penelitian saya “ ujar prof.Iriana seraya mengatakan proyeknya di lampung saat ini adalah sedang mempelajari kajian sejarah islam di lampung skala berak bersama dr bunyana solihin dosen senior UIN Raden Intan Lampung. Kendala yang dia temui dalam penelitian naskah kuno di Indonesia adalah sulitnya mempelajari beragam aksara dan bahasa tiap daerah di Indonesia.

Session terakhir Prof Irina menjawab  pertanyaan para mahasiswa mengenai mengapa jauh jauh dari rusia antusias meneliti naskah kuno peradaban islam di seluruh dunia, maka beliau menjawab

seperti bintang yang jauh di angkasa..kenapa masih dipelajari oleh para ilmuwan ” tanya Prof.irina seraya melanjutkan.. ” tiap manuskrip itu unik, salah satu hal yang membuat saya tertarik mempelajari manuskrip karena dengan mempelajarinya saya dapat mendalami kesadaran pemikiran manusia pada tiap tiap abad peradaban ” alasan mengapa dia tertarik mengkaji sejarah peradaban islam dan tasawuf karena passion itu menyangkut perasaan hati “ semua berawal dari keharusan ingin cepat menyelesaikan studi, akhirnya menjadikan saya orientalis yang terlanjur terjerumus ke kajian naskah kuno Islam “, ujar Prof. irina menutup kegiatan visiting lecturer hari ini