Visi, Misi, Dan Tujuan


VISI

Visi Prodi Pemikiran Politik Islam mengacu kepada Visi Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama dan Visi UIN Raden Intan Lampung. Adapun visi UIN Raden Intan Lampung adalah: Terwujudnya Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung sebagai Rujukan Internasional dalam Pengembangan Ilmu Ke-islaman Integratif-Multidisipliner berwawasan Lingkungan pada Tahun 2035. Sedangkan Visi Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama adalah:

Visi singkat Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama adalah : Unggul

dan Visi lengkap Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama adalah: Menjadi Pusat Pengkajian Dan Pengembangan Ilmu-Ilmu Keushuluddinan Yang Unggul Dan Integratif Dengan Ilmu Humaniora.

Mengacu kepada kedua visi tersebut,maka Visi Program Studi Pemikiran Politik Islam adalah: “Menjadi Pusat Kajian dan Rujukan Ilmu Politik Islam Ke-Indonesiaan di Sumatera pada Tahun 2027”.

 

MISI

Misi Prodi PPI

Dalam rangka mewujudkan Visi Prodi Pemikiran Politik Islam, maka dirumuskan beberapa misi Prodi pemikiran Politik Islam yang dianggap tepat, adapun misi tersebut adalah:

  1. Melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran dalam rangka mencetak sarjana yang memiliki kapasitas intelektual, moralitas, dan berwawasan luas dalam bidang politik dan kebangsaan dengan landasan iman dan kearifan lokal.
  2. Melakukan penelitian yang terfokus pada pengembangan memadukan antara nilai-nilai agama yang universal dengan kearifan lokal yang fundamental.
  3. Memperdalam kajian pemikiran politik Islam klasik, dan pemikiran politik konvensional, dengan merujuk pada naskah literature klasik dan kontemporer.
  4. Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan lembaga-lembaga pemerintah dan non pemerintah baik di daerah maupun pusat dalam rangka membuka akses dan peluang kerja bagi alumni, berperan aktif dalam pembangunan dan berupa membangun kerjasama akademis dan non akademis dengan prodi-prodi politik Islam yang ada di Sumetera.

Misi ini juga merupakan hasil kajian atas kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang dimiliki oleh Prodi Pemikiran Politik Islam sekaligus penyempurnaan terhadap misi sebelumnya. Misi ini relatif terukur dan realistis. Keempat butir misi ini memperlihatkan deskripsi mengenai tugas, kewajiban, tanggung jawab dan rencana tindakan yang sejalan dengan visi Program Studi. Selain itu, misi ini juga sangat sesuai dengan pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

TUJUAN

Berlandaskan pada visi dan misi Prodi Pemikiran Politik Islam tersebut, beberapa tujuan Prodi Pemikiran Politik Islam yang akan diwujudkan adalah sebagai berikut:

  1. Menghasilkan sarjana yang kompeten dalam bidang pemikiran politik Islam yang kritis, komparatif, dan berahlak mulia serta berdaya saing di dunia kerja.
  2. Menghasilkan penelitian tentang pengembangan pemikiran politik Islam yang memadukan antara nilai-nilai agama yang universal dengan kearifan lokal yang fundamental
  3. Berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan sosial politik baik di daerah maupun pusat dengan landasan teori politik Islam yang aplikatif.

Perumusan tujuan program studi Pemikiran Politik Islam ini memperlihatkan rumusan tentang hasil khusus Program Studi dalam bentuk profil kompetensi yang akan dihasilkan oleh prodi dan standar yang diharapkan oleh para stakeholders baik internal maupun ekternal dan menjadi tuntutan terkini. Tujuan ini sangat jelas dan praktis dengan mengacu kepada swot terhadap Prodi sesuai dengan kondisi real di lapangan.