Kunjungan Prodi Pemikiran Politik Islam ke Universiti Kebangsaaan Malaysia dan Universiti Malaya.


(VISITING LECTURER, BENCHMARKING DAN PENANDATANGANAN LETTER OF INTENT)

Sebagai upaya percepatan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung sebagai Perguruan Tinggi dengan akreditasi unggul dan bereputasi Internasional, Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama bersama dengan prodi-prodi di dalamnya termasuk Prodi Pemikiran Politik Islam mengagendakan lawatan ke Perguruan Tinggi terkemuka di Malaysia, yakni Universiti Kebangsaan Malaysia dan Universiti Malaya.

Kunjungan pada Fakulti Pengajian Islam Universiti Kebangsaan Malaysia  dilakukan pada tanggal 13 Juni 2023. Acara diawali dengan sambutan dari Rektor UIN Raden Intan Lampung Prof. Wan Jamaluddin  Z., M.Ag., Ph.D mengenai niat kunjungan dan penjelasan mengenai visi besar UIN Raden Intan sebagai kampus berawawasan lingkungan dan mewujudkan kampus bereputasi internasional. Selanjutnya pihak Fakulti Pengajian Islam menyambut baik kedatangan delegasi Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama yang terdiri dari Dekan, Wakil Dekan bidang I dan II, Kaprodi dan Sekprodi serta perwakilan dosen.  Acara dilanjutkan dengan penandatangan LoI (Letter of Intent) antara Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama yang direpresentasikan oleh Rektor Prof. Wan Jamaluddin  Z., M.Ag., Ph.D dan Fakulti Pengajian Islam Universiti Kebangsaan Malaysia direpresentasikan oleh Prof. Madya Dr. Ahmad Sunawari Long sebagai Dekan.

Pembicaraan berlanjut antara Dekan, Wakil Dekan, serta Kaprodi dan Sekprodi (Prodi Pemikiran Politik Islam diwakili Ibu Tin Amalia Fitri, M.Si., D.P.A dan Sekprodi Citra Wahyuni, M.Si.) dengan Pihak Penjamin Mutu, Kaprodi serta Dosen Fakulti Pengajian Islam UKM mengenai keberlanjutan kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Pihak Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama bersepakat melakukan agenda rutin seminar akademik baik secara online maupun offline, pertukaran dosen dalam perkuliahan, kolaborasi penelitian dan pengelolaan jurnal ilmiah, serta kegiatan magang dan student mobility. Agenda akademik tersebut akan dimulai pada perkuliahan semester Ganjil tahun 2023, sejumlah tema telah disepakati dalam hal ini untuk Prodi Pemikiran Politik Islam akan melakukan visiting lecturer secara online pada Mata Kuliah Pemikiran dan Gerakan Politik Islam Indonesia serta Sistem Politik Islam. Selain itu, akan dilakukan diskusi lebih lanjut mengenai pertukaran artikel maupun reviewer antara Jurnal TAPIs: Jurnal Teropong Aspirasi Politik Islam dengan jurnal yang ada di Fakulti Pengajian Islam UKM.

Kemudian, agenda dilanjutkan pada ruang Senat Fakulti Pengajian Islam UKM dengan lima orang dosen Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama menjadi narasumber dalam acara International Islamic Issues Discourse (IIID). Prodi Pemikiran Politik Islam diwakili oleh Ibu Tin Amalia Fitri, M.Si., D.P.A sebagai narasumber yang membawakan materi mengenai “Government Challenges on Sustaining Democracy Principles in 5.0 Era (Reviewing toward Indonesian Government.

Terdapat penanya dari pihak mahasiswa yang ingin mengetahui pandangan tokoh Indonesia mengenai strategi dan sistem demokrasi yang tepat bagi Indonesia. Kemudian Ibu Tin Amalia Fitri, M.Si., D.PA. menjelaskan bahwa sebetulnya tokoh-tokoh Indonesia telah memiliki pandangan tersendiri mengenai sistem demokrasi di Indonesia seperti yang dicetuskan Prof. Dr. Moh. Hatta dan Ir. Soekarno.

Pada tanggal 13 Juni 2023, delegasi Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama UIN Raden Intan Lampung mengunjungi Akademi Pengajian Islam Universiti Malaya. Kegiatan diawali dengan sambutan dari Pihak Akademi Pengajian Islam UM dan dilanjutkan dengan sambutan dari Rektor UIN Raden Intan Lampung. Perbincangan berlanjut mengenai kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan sejumlah agenda yang telah dirancang, yakni mengenai seminar online antara Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama dan Akademi Pengajian Islam, pertukaran dosen dalam mata kuliah, pertukaran reviewer jurnal, dan kegiatan magang serta student mobility dalam hal ini mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama ke Akademi Pengajian Islam UM. Prodi Pemikiran Politik Islam sendiri berencana akan mengundang Prof. Madya Dr. Khadijah Binti Mohd Khambali sebagai dosen tamu serta menjadikan beliau sebagai reviewer eksternal Jurnal TAPis.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan Letter of Intent (LoI) antara Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama yang direpresentasikan oleh Rektor Prof. Dr. Wan Jamaluddin Z., M.Ag., Ph. D dengan Akademi Pengajian Islam Universiti Malaya yang direpresentasikan oleh Prof. Dr. Che Zarrina Binti Sa’ari.