FUSA UIN Lampung Jalin Kerjasama dan Visiting Lecture dengan Kolej Dar Al-Hikmah Selangor, Malaysia


Penandatanganan kerjasama antara FUSA UIN Lampung dengan Kolej Dar Al Hikmah Selangor, Malaysia, Wakil Dekan Bidang III Bidang Mahasiswa dan Kerjasama FUSA (nomor dua dari arah kiri) di dampingi Wakil Dekan II Bidang SDM dan Keuangan FUSA (arah paling kanan)

Bandar Lampung – UIN Raden Intan Lampung melalui Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama (FUSA) jalin kerjasama dengan Kolej Dar Al- Hikmah Selangor, Malaysia. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara kedua belah pihak dan dilanjutkan kegiatan akademik yakni Visiting Lecture dengan tema Konstribusi Manuskrip Melayu Dalam Aspek Intelektual Islam di Nusantara bertempat Gedung Research And Academic, Teather Room Kamis (09/03).

Hadir juga pada kesempatan ini Prof. Ghozali Basri dan Prof. Noriah Mohamed yang juga akan mengisi visiting lecture di berbagai program studi yang ada di Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama.

Dalam sambutannya Andi Thahir, S.Psi.,M.A.,Ed.D selaku wakil dekan II FUSA yang mewakili Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, “mengucapkan rasa terima kasih kepada Prof. Ghozali Basri dan Prof, Noriah Mohamed telah hadir di kampus UIN Raden Intan Lampung, dalam rangkaian kunjungannya ke Indonesia khususnya Lampung untuk kerjasama kelembagaan dan visiting lecture, “ungkapnya.

Lebih lanjut, Andi mengungkapkan kegiatan ini menguatkan program Rektor yakni Internasionalisasi dalam berbagai kegiatan akademik. Ia pun menambahkan, dan memperkenalkan kedua tamu kehormatan merupakan pasangan suami istri yang luar biasa, Prof. Noriah Mohamed merupakan dosen tamu Lomonosov Moscow state university, Rusia dengan bidang kompetensi Manuskrip (Filologi) dan Prof, Ghozali Basri mengambil S3 study in Scotland, UK dengan kajian islamic staudies terutama teologi.

Kegiatan dilanjutkan dengan Visiting Lecture di dampingi moderator Agung M. Iqbal, M. Ag sebagaimana tindak lanjut dari kerjasama kedua lembaga tersebut. Pada kesempatan ini program studi Pemikiran Politik Islam berkesempatan menghadirkan ahli manuskrip (filologi) Prof, Noriah Mohamed dengan tema Siyasah al Islami dalam manuskrip Melayu dan di lanjutkan Prof. Ghozali Basri dalam pemaparan manuskrip Syekh Abdus Somad Al Palimbani yang banyak membahas mengenai paham ajaran Tasawuf.

Penyerahan cenderamata dari prodi Pemikiran Politik Islam yang di berikan Dr. Shonhaji, M.Ag selaku Wakil Dekan Bidang III FUSA UIN Lampung.

Pada rangkaian kegiatan ini di hadirkan seluruh ketua program studi di lingkungan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama dan mahasiswa serta tamu undangan lainnya. Dan kegiatan ini di akhiri tamu undangan kehormatan memberikan salinan atau cetakan edisi ke IV dalam karya Prof. Ghozali Basri dan Prof. Noirah Mohamed.

Kegiatan akademik visiting lecture dan kerjasama MoA tingkat prodi di akhiri dengan foto bersama.