Dukung Rekognisi, Dekan FUSA hadir sebagai Narasumber Pengawasan Tahapan Pemutakhiran dan Tahapan Penyusunan Daftar Pemilih Pada Pemilu 2024


Dekan FUSA (kanan) bersama Yudi Andriyansyah, S.IP selaku kordiv perencanaan, data dan informasi KPU Pesawaran (Tengah bagian depan).

Bandar Lampung (07/03/2023)- Dekan Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama Dr. Ahmad Isnaeni, MA hadir sebagai narasumber dalam Rapat Koordinasi yang di selenggarakan di Hotel Whiz Prime Lampung dengan tema Rapat Koordinasi (Pengawasan Tahapan Pemuthakiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih Pemilu Tahun 2024. Dalam kesempatan ini juga hadir komisioner KPU Pesawaran selaku koordinator divisi perencanaan, data dan informasi selaku narasumber kedua.

Dalam pemaparannya, Dr. Ahmad Isnaeni, MA memaparkan tentang sistem pemilu dan penyelenggaran pemilu, sebagaimana tugas pokok dan fungsi penyelenggara pemilu yakni KPU (Komisi Pemilihan Umum), Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu). Beliau menganalogikan turnamen sepakbola, KPU sebagai penyelenggara tata laksana pemilu di ibaratkan sebagai pemain, sedangkan Bawaslu sebagai Wasit dan DKPP sebagai pengawas pertandingan di luar lapangan sebagaimana tugas DKPP sebagai untuk memastikan penyelenggaran pemilu tidak melanggar kode etik dan melakukan penyelidikan atas, verifikasi pelanggaran kode etik bagi penyelennggara pemilu.

Dalam pemaparan lebih lanjut beliau terkait asas, tujuan, dan prinsip penyelenggaraan Pemilu di Indonesia telah diatur dalam Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (Pemilu) atau yang biasa disebut dengan UU Pemilu. Lanjutnya, lembaga penyelenggara pemilu diantaranya KPU, Bawaslu, dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu). Dalam pengawasan Pemilu, Bawaslu selaku lembaga pengawas pemilu yang mengawasi pelaksana teknis pemilu, Bawaslu juga di awasi bersama rakyat untuk mewujudkan pemilu 2024 yang luber jurdil (langsung, bebas, rahasia, jujur dan adil).

Dalam Rapat koordinasi tersebut juga diisi oleh dua narasumber lain yakni, Ketua Bawaslu Pesawaran Rian Armando, S.Pd dan Komisioner lainnya Riswanto, S.Sos. Pada agenda ini, terdapatnya kelanjutan atas kerja sama yang terjalin antara kedua lembaga yakni UIN Raden Intan Lampung khususnya Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama dengan Bawaslu Pesawaran. (GY/BK)